majuqq

Beto Goncalves: Lebih Susah Main di Indonesia daripada Brasil

nikmatqq

Jakarta – Bomber Madura United, Beto Goncalves, menilai pesepak bola Indonesia terlalu mudah puas terhadap karier. Menurut dia, faktor itulah yang membuat mereka sulit berkembang.

Beto Goncalves menyebut banyak pesepak bola Indonesia bermain hanya agar kehidupan perekonomiannya terpenuhi. Jika sudah terpenuhi, mereka cenderung mudah puas dan enggan bersaing mengasah kualitasnya lagi.

Itulah yang dianggap Beto Goncalves sebagai perbedaan mendasar antara pesepak bola Indonesia dan Brasil. Di Negeri Samba, Beto mengaku sudah ditanamkan sejak kecil sifak kompetitif dan enggan cepat merasa puas.

“Kami sebagai pemain Brasil sejak kecil ingin bersaing dan ingin menang. Adapun pemain Indonesia lebih santai dan tidak memiliki ambisi yang tinggi seperti pemain Brasil. Mereka tidak ingin bermain di luar negeri karena menganggap di negaranya saja sudah cukup,” kata Beto di akun Youtube Felipe Valdes.

“Ketika sudah mendapatkan uang untuk membeli mobil, rumah, dan membantu orang tua, itu sudah cukup. Seharusnya mereka perlu paham harus lebih kompetitif, bisa lebih maju lagi, dan tidak ada hal yang cukup dalam sepak bola. Pemain sepak bola Brasil baru memulai karier saja sudah ingin bermain ke luar negeri,” tegas Beto Goncalves.

Beto Goncalves sudah malang melintang bermain di Indonesia sejak 2008. Klub-klub elite Indonesia pernah dibela oleh pemain berusia 39 tahun itu.

Contohnya adalah Persijap Jepara, Persipura Jayapura, Arema, Sriwijaya FC, dan sekarang bermain di Madura United. Beto Goncalves bisa disebut sebagai pemain asing yang meraih kesuksesan di Indonesia dengan raihan prestasi Liga Super Indonesia 2008-2009 dan dua kali gelar top scorer pada 2011-2012 serta 2016.

Tak Mudah

Meski demikian, Beto Goncalves menilai bermain di Indonesia lebih sulit ketimbang di Brasil. Penyebabnya adalah kultur sepak bola antara kedua negara yang berbeda.

“Orang-orang berpikir bermain di Indonesia itu mudah karena peringkat negaranya tidak terlalu bagus. Namun, saya pernah lihat beberapa pemain Brasil yang bagus, namun saat datang dan bermain di Indonesia tidak berhasil,” kata Beto.

Butuh Kekuatan di Indonesia

“Di Brasil yang paling penting adalah taktik, sedangkan di Indonesia itu butuh kekuatan dan kecepatan. Jadi, lebih susah bermain sepak bola di Indonesia daripada Brasil,” ujar pemain naturalisasi itu.

Sumber:  Youtube Felipe Valdes

Disadur dari Bola.com

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply