majuqq

Data dan Fakta Menarik Camp Nou yang Namanya Dijual Demi Penanganan Covid-19

BERITA BOLA 0
nikmatqq

Jakarta –¬†Barcelona¬†berniat¬†menjual hak nama Stadio Camp Nou. Itu dilakukan manajemen klub guna membantu penanganan pandemi virus corona COVID-19.

Keputusan manajemen klub menjual hak nama Camp Nou merupakan yang pertama kali dilakukan sejak stadion itu dibuka pada 1957 silam.

“Kami ingin mengirimkan pesan global: Untuk pertama kalinya, seseorang berkesempatan untuk menyempilkan namanya di Camp Nou. Dana seluruhnya digunakan atas nama kemanusiaan, bukan hanya¬†Barcelona,” kata Wakil Presiden Jordi Cardoner.

“Inisiatif ini muncul dalam situasi genting. Kami merasa kami harus segera merespons untuk membantu perlawanan terhadap corona,” katanya lagi.

Tidak seperti stadion lain yang memiliki jangka waktu lama bahkan permanen, sebut saja Etihad Stadium, Allianz Arena, dan Emirates Stadium, hak nama Camp Nou hanya akan bertahan satu musim saja, yakni mulai musim 2020-2021.

Oleh karena itulah, pada artikel ini, Bola.com coba mengumpulkan data dan fakta menarik mengenai stadion ini.

Data dan Fakta Menarik Stadion Camp Nou

Arti Nama?

Camp Nou merupakan bahasa Catalan yang memiliki arti lapangan baru. Dalam bahasa Inggris, stadion ini disebut Nou Camp. Oleh karena itulah, jika Anda sering membawa berita dari media Inggris, maka nama Nou Camp lebih familiar ketimbang Camp Nou.

Stadion Terbesar?

Dengan kapasitas 99,354 penonton, Cam Nou merupakan stadion terbesar di Spanyol dan bahkan di Eropa. Untuk ukuran dunia, Camp Nou menempati posisi ketiga daftar stadion dengan kapasitas terbanyak.

Rekor Penonton?

Meskipun begitu, kapasitas Camp Nou sempat tembus di atas 100 ribu. Terbukti rekor penonton stadion ini tercipta pada laga perempat final Piala Champions 1986. Kala itu, Barcelona mengalahkan Juventus 1-0 dan ditonton 120 ribu pasang mata.

Piala Dunia 1982

Sepanjang sejarah, kapasitas penonton Camp Nou berubah berulang kali. Paling tertinggi ketika stadion ini akan menjadi venue Piala Dunia 1982. Kala itu, jumlah bangku penonton bertambah dari 106.146 ke angka 121.401.

Final Liga Champions

Camp Nou telah menggelar dua pertandingan Liga Champions sepanjang sejarah. Pertama musim 1988-89 ketika AC Milan mempermalukan Steaua Bucuresti: 4-0. Lalu musim 1998-99 di mana tersaji laga dramatis ketika Manchester United mengalahkan Bayern Munchen, 2-1.

Sumber: Dari berbagai sumber

Disadur dari Bola.com

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply