majuqq

Kemenpora Akan Bantu PSSI jika Shin Tae-yong Tak Bisa Kembali ke Indonesia

nikmatqq

Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berjanji akan membantu PSSI jika manajer pelatih Timnas Indonesia,  Shin Tae-yong, terhalang untuk kembali ke Tanah Air. Arsitek berusia 49 tahun itu terancam terjerat Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 11 Tahun 2020.

Pada 31 Maret 2020, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly menerbitkan Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang “Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia”.

Pasal kedua peraturan tersebut berbunyi larangan sementara orang asing untuk memasuki atau transit di wilayah Indonesia.

Akibat peraturan tersebut, rencana PSSI untuk memulangkan  Shin Tae-yong bisa pupus. Namun, ada sejumlah pasal lain yang bisa menjadi pengecualian bagi pelatih asal Korea Selatan itu.

Satu di antaranya adalah pasal keenam. Pasal tersebut berisikan dalam keadaan tertentu, menteri berdasarkan kewenangannya dapat mengeluarkan kebijakan lain terkait fasilitas keimigrasian sepanjang memberikan manfaat umum.

Pembuatan Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020 ini bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia. Karena itu, perlu ada larangan sementara untuk orang asing memasuki wilayah Tanah Air.

“Seandainya¬†¬†Shin Tae-yong¬†terhalang peraturan tersebut, kami akan membantu dengan senang hati,” kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto di Graha BIP, Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Permenkumham Masih Berlaku

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply